Top
    bdk_medan@kemenag.go.id
BDK Medan Berupaya Meningkatkan Mutu Pelayanan Melalui Sosialisasi ISO 9001:2015

BDK Medan Berupaya Meningkatkan Mutu Pelayanan Melalui Sosialisasi ISO 9001:2015

Jumat, 8 Oktober 2021
Kategori : Berita
90 kali dibaca

BDK Medan. 08/10/2021.

Guna meningkatkan kepuasan pelanggan dan mutu produk, yakni penyelenggaraan kediklatan di Balai Diklat Keagamaan Medan,  tim Pusdiklat Teknis yang terdiri dari Nuraini, M.Pd. widyaiswara Pusdiklat Teknis dan Sestiawari, S.Kom., Arsiparis Pusdiklat Teknis dengan didampingi oleh Kasubbag Tata Usaha BDK Medan, Suhesti Wira Dharma, M.A. hadir secara langsung untuk  memberikan Sosialisasi Sertifikasi ISO 9001:2015.

Kegiatan yang berlangsung di Kelas AB Kampus Balai Diklat Keagamaan Medan pada Jumat (8/10) ini pun diikuti oleh para ASN di Lingkungan Balai Diklat Keagamaan Medan.

ISO sendiri adalah badan penetap standar internasional yang terdiri dari wakil-wakil dari badan standardisasi nasional setiap negara. Sementara itu, ISO 9001 merupakan standard internasional di bidang sistem manajemen mutu. Sebuah Lembaga/organisasi yang telah mendapatkan akreditasi (pengakuan dari pihak lain yang independen) ISO tersebut, dapat dikatakan telah memenuhi persyaratan internasional dalam hal manajemen penjaminan mutu produk/jasa yang dihasilkannya. Untuk saat ini, ISO 9001 yang akan digunakan adalah ISO 9001:2015 yang merupakan peningkatan dari ISO 9001 terdahulu, yakni ISO 9001:2008.

Dengan mengimplementasikan ISO 9001:2015 diharapkan akan terwujud peningkatan kepuasan pelanggan, dapat memberikan layanan bermutu yang konsisten, mengenal resiko dan peluang dalam mencapai sasaran, serta dapat membuktikan bahwa sistem manajemen mutunya telah sesuai dengan persyaratan-persyaratan Internasional.

Namun, untuk mencapai hal tersebut, Nuraini menegaskan bahwa dibutuhkan komitmen yang kuat dari manajemen lembaga terkait.

“ISO menjadi moment perbaikan dan dibutuhkan komitmen nyata dan kuat dari Top Management Balai Diklat Keagamaan Medan. Selain itu, dibutuhkan keterlibatan dan peran serta pegawai Balai Diklat Keagamaan Medan untuk mewujudkannya,” ujar Nuraini.

Ia juga menambahkan bahwa poin penting untuk tercapainya sasaran mutu yang direncanakan oleh BDK Medan itu sendiri yaitu adanya monitoring/pengukuran terhadap kemampuan organisasi untuk mencapainya. Hasil dari monitoring/pengukuran akan digunakan sebagai perbaikan secara berkelanjutan untuk mendapatkan hasil yang terbaik, khususnya dalam manajemen pelayanan mutu pada Balai Diklat Keagamaan Medan. (IJ)


Sumber :

Penulis : Irna Junita

Editor :

Berita Terkait

BERITA POPULER
BERITA TERBARU
ARSIP