Top
    bdk_medan@kemenag.go.id
Perkuat Sinergitas Melalui Rapat Koordinasi dan Evaluasi Pelatihan

Perkuat Sinergitas Melalui Rapat Koordinasi dan Evaluasi Pelatihan

Sabtu, 4 Desember 2021
Kategori : Berita
193 kali dibaca

Sebagai bentuk memperkuat sinergitas dengan para stakeholder dalam mewujudkan SDM unggul dan professional di Lingkungan Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara, Balai Diklat Keagamaan Medan melaksanakan Rapat Koordinasi dan Evaluasi Pelatihan Se-Provinsi Sumatera Utara yang dilaksanakan di Hotel Radisson Medan pada tanggal 2 s.d. 4 Desember 2021 dengan diikuti oleh 60 peserta yang terdiri dari Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota di Lingkungan Provinsi Sumatera Utara, Perwakilan Badan Kepegawaian Regional (BKN) Regional VI, Perwakilan Badan pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Sumatera, serta Widyaiswara Balai Diklat Keagamaan Medan.

Kegiatan dibuka langsung oleh Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Tenaga Teknis Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI, Dr. Imam Safe’I, M.Pd. dengan didampingi oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara yang diwakili oleh Kepala Bagian Tata Usaha Kantor Wilayah Kementerian Agama, Dr. H. David Saragih, MM, Kepala Balai Diklat Keagamaan Medan, Dr. Salman Al Farisi, M.Pd., serta Kepala Sub Bagian Tata Usaha Balai Diklat Keagamaan Medan, Suhesti Wira Dharma, M.A.

Rapat Koordinasi dan Evaluasi Pelatihan tersebut membahas mengenai pelatihan-pelatihan yang telah berlangsung di tahun 2021 serta rencana pelatihan yang akan diselenggarakan di tahun 2022. Di tahun 2021 sendiri, Balai Diklat Keagamaan Medan telah melaksanakan 118 pelatihan yang terdiri dari 90 Pelatihan Teknis Pendidikan dan Keagamaan serta 28 Pelatihan Administrasi, baik dalam bentuk Pelatihan Reguler, Pelatihan di Wilayah Kerja, dan Pelatihan Jarak Jauh.

Sementara itu, dalam merencanakan pelatihan di tahun 2022, Balai Diklat Keagamaan Medan terfokus pada program prioritas pemerintah serta hasil Analisis Kebutuhan Pelatihan (AKP) yang kemudian dibahas bersama oleh para peserta rapat koordinasi dan evaluasi yang terbagi dalam Komisi I dan II dengan didampingi oleh Kepala Seksi Diklat Teknis Balai Diklat Keagamaan Medan, Drs. H. Jasrizon.

Dalam kegiatan yang berlangsung selama 3 hari ini, turut hadir narasumber di antaranya Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional VI, Aidu Tauhid yang memaparkan materi mengenai penyetaraan dan pengalihan jabatan antara struktural dan fungsional. Di kesempatan yang sama, Aidu turut berdialog interaktif dengan para peserta rapat.

Narasumber selanjutnya, yakni Kepala Pusat Pembinaan Program dan Kebijakan Pengembangan Kompetensi (P3K Bangkom) ASN Lembaga Administrasi Negara (LAN), Erna Irawati, S.Sos. turut hadir memaparkan materi mengenai Arah Kebijakan Kompetensi di Era New Normal.

Erna menjelaskan bahwa di era new normal sebagai dampak dari pandemi, muncul kebijakan-kebijakan baru pengembangan kompetensi terkait substansi, mekanisme, dan metode  penyelenggaraan pelatihan. Jika sebelumnya pengembangan kompetensi terfokus pada penyelenggaraan pelatihan secara klasikal, kini menitikberatkan dalam penyelenggaraan secara digital dan blended.

Selain itu, Erna menyebut bahwa salah satu bentuk perubahan pengembangan kompetensi ASN adalah Rebranding Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS dimana mata pelatihan yang saat ini terfokus pada Nilai-nilai ASN ANEKA (Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika Publik, Komitment Mutu, dan Anti Korupsi) akan berganti mejadi Nilai-nilai ASN BerAKHLAK (Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif).

Rapat koordinasi dan evaluasi pelatihan se- Sumatera Utara tersebut ditutup dengan penyerahan hasil komisi I dan II mengenai rencana penyelenggaraan  pelatihan di tahun 2022 dari Ketua Komisi kepada Kepala Balai Diklat Keagamaan Medan. 


Sumber :

Penulis :

Editor :

Berita Terkait

BERITA POPULER
BERITA TERBARU
ARSIP