Top
    bdk_medan@kemenag.go.id
Sesban :

Sesban : "Nilai-Nilai Agama Perlu Dibangun dalam Semua Aspek pembangunan"

Senin, 11 April 2022
Kategori : Berita
38 kali dibaca

BDK Medan. 8/4/2022.

“Nilai-nilai agama perlu dibangun dalam semua aspek pembangunan di Republik Indonesia. Nilai Agama merupakan hal mendasar dan bagian dari kehidupan berbangsa dan bernegara, bukan malah menjadi alat pemecah belah.”

Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI Dr. H. Muharram Marzuki, Ph.D. yang hadir di Kampus Balai Diklat Keagamaan Medan pada Jumat (8/4) dalam rangka menyampaikan materi pelatihan Pembangunan Bidang Agama didampingi Kepala Balai Diklat Keagamaan Medan, Dr. Salman Al Farisi, M.Pd. kepada para peserta pelatihan reguler BDK Medan.

Menurut Sesban, berfokus pada perbedaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dapat merusak tatanan kehidupan. Pada dasarnya, perbedaan adalah given dari Tuhan sehingga yang diutamakan adalah bagaimana mencari persamaan di antara perbedaan tersebut.

Dalam paparannya, beliau menjelaskan keterkaitan nilai-nilai agama dengan tupoksi para peserta pelatihan yang berlatar belakang sebagai guru kimia, tenaga administrasi, penghulu, dan guru MDTA. Beliau menekankan penting bagi para guru untuk dapat menjelaskan konsep nilai agama bagi peserta didik sehingga dapat tertanam nilai-nilai moderat dalam diri peserta didik.

Tak hanya memaparkan materi, Sesban turut membuka forum tanya jawab dari peserta pelatihan mengenai implementasi nilai-nilai Agama serta membahas isu-isu terkini yang sedang berkembang. Sebagai penutup, Sesban menyebut bahwa para peserta pelatihan juga merupakan bagian dari pemerintah sehingga diharapkan dapat ikut menyukseskan program pemerintah dan turut meluruskan isu-isu tidak sesuai yang berkembang di masyarakat.

Sementara itu, pada 4 s.d. 9 April 2022 BDK Medan melaksanakan 4 angkatan pelatihan yakni Pelatihan Kimia MA, Pelatihan Pembelajaran Madrasah Diniyah, Pelatihan Keluarga Sakinah Ak. II, dan Pelatihan Bela Negara dengan masing-masing 30 peserta per-angkatan.


Sumber :

Penulis : Irna Junita

Editor :

Berita Terkait

BERITA POPULER
BERITA TERBARU
ARSIP