Top
    bdk_medan@kemenag.go.id
Tiga CPNS BDK Medan Mengusung Aplikasi Smartness sebagai Produk Aktualisasi

Tiga CPNS BDK Medan Mengusung Aplikasi Smartness sebagai Produk Aktualisasi

Senin, 18 Oktober 2021
Kategori : Berita
65 kali dibaca

BDK Medan (18/10/2021)

Dalam sosialisasi  aktualisasi CPNS yang berlangsung pada Senin (18/10) di Kelas AB Balai Diklat Keagamaan Medan, Tiga rekan CPNS BDK Medan, yakni Ira Megawati Gunawan Putri, M.Si. (Calon Widysaiswara), Syahrizal Akbar, M.Pd. (Calon Widyaiswara) dan Hirza Rahmayati, M.Pd. (Calon Widyaiswara) menyosialisasikan produk aktualisasi mereka yakni aplikasi Smartness sebagai media yang akan digunakan dalam pengomtimalan pembuatan surat tugas, surat penugasan, penomoran surat dan peningkatan fungsi buku panduan pelatihan.

Sosialisasi ini sendiri dibuka oleh Kepala Balai Diklat Keagamaan Medan yang diwakili oleh Kasubbag Tata Usaha BDK Medan, Suhesti Wira Dharma, M.A. dan turut dihadiri oleh Kasi Diklat Teknis, Koordinatoriat Widyaiswara, Widyaiswara, serta pegawai di Balai Diklat Keagamaan Medan.

Pengusungan aplikasi smartness ini sendiri berangkat dari penerapan nilai-nilai dasar PNS yang didapat ketiga CPNS tersebut selama Pelatihan Dasar CPNS serta penemuan masalah di unit kerja yang harus ditemukan solusinya segera untuk meningkatkan kinerja unit kerja.

Aplikasi smartness adalah aplikasi yang dirancang dengan memasukkan database pegawai terkait nama, nip, jabatan, dan data kepangkatan yang selanjutnya dapat mempermudah penginputan otomatis data yang diperlukan dalam pembuatan surat dan surat penugasan. Selain itu, aplikasi smartness tersebut juga dapat dipergunakan untuk pengambilan nomor surat dengan lebih sistematis dan runut.

Dengan menggunggah buku panduan pelatihan ke dalam aplikasi Smartness, Syahrizal mengatakan  bahwa buku panduan yang selama ini diedarkan dalam bentuk cetak dapat dengan mudah diakses peserta pelatihan  melalui smartphone mereka hanya dengan membuka link yang dibagikan oleh panitia pelatihan.

“Aplikasi Smartness ini telah dirancang dengan sesederhana mungkin sehingga sangat user friendly dan mudah dipergunakan oleh pegawai terkait,” ujar Ira Megawati menambahkan.

Sementara itu, Kasubbag Tata Usaha menyambut baik inovasi ini dan berjanji untuk mengembangkan aplikasi tersebut kedepannya sehingga dapat dipergunakan secara masif di Lingkungan Balai Diklat Keagamaan Medan. Hal ini seiring dengan upaya untuk menuju peralihan dari sistem manual menuju digital dengan meningkatkan pengaplikasian kemampuan IT di unit kerja Balai Diklat Keagamaan Medan. (IJ)


Sumber :

Penulis :

Editor :

Berita Terkait

BERITA POPULER
BERITA TERBARU
ARSIP